Saturday, August 7, 2010

Kangen Rumah sendiri!!

Sedikit bercerita tentang hidup. Ga tau kenapa skarang kepikiran buat nulis tentang kehidupan pribadi. Lagi melow kayaknya.lol.

Terlahir dari keluarga yang Alhamdulillah penuh kesederhanaan di sebuah desa di bagian selatan Sumatera Barat, sekitar 23 tahun silam. Sudah tua ato masih mudah?? itu subjektif lah yah...Dalam 23 tahun menapak di bumi ini, sepertinya sudah sangat banyak pelajaran hidup yang saya dapat, walaupun sebenarnya masih sangat minim pengalaman dibanding temen-temen yang mungkin lebih muda dari pada saya. Pastilah kita tidak pernah memiliki jalan hidup yang sama. Setiap orang memiliki skenario dan romansa-romansa tersendiri. Semua tergantung ikhtiar dan takdir.

Tamat sekolah dasar tahun 1999, berumur 12 tahun, saya melanjutkan pendidikan ke Pesantren, Pesantren Modern Terpadu Prof. DR. Hamka. Tempat di mana saya menimba ilmu dan melanjutkan pendidikan lebih kurang 6 tahun. InsyaAllah dilain kesempatan saya akan bercerita tentang kehidupan di Pesantren. 

PMT Prof. DR. HAMKA, demikian sering disebut, terlatak cukup jauh dari rumah orang tua saya, sekitar 5-6 jam perjalanan, tepatnya di Desa Pasar Usang, Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman, 28 km dari kota Padang ke arah Utara. Dan karena Pesantren, saya tinggal di Asrama. Yaa mungkin itu awal di mana saya tidak lagi tinggal bersama orang tua. Nangis? pastinya nangis, bukan karena cengeng, tapi memang karena psikologi, dan masuk pesantren yang didorong dengan niat untuk membahagiakan orang tua, bukan niat sendiri yang ingin mencari ilmu di negeri orang, betualang atau pun niat buat belajar agama. Tapi yang pasti, saya sangat bersyukur telah menjadi santri di sana.

Tamat SMP PMT Prof. DR. Hamka tahun 2002. Alhamdulillah dengan nilai yang cukup memuaskan dan bisa masuk sekolah-sekolah favorit di kota Padang. Tapi sedikit pun tidak pernah terlintas untuk balik ke kampung halaman dan melanjutkan pendidikan di sana. Namun dengan berbagai pertimbangan, akhirnya saya melanjutkan SMA di pesantren yang sama. Syukran lillahita'ala saya sangat cinta pesantren Hamka.

Tidak tahu pantas atau tidak, tahun 2004-2005 saya dapat kesempatan untuk jadi an Exchange Student ke Amerika Serikat, dengan program AFS-YES yang dibayai langsung oleh Pemerintah Amerika Serikat. ALHAMDULILLAH, senang karena bisa ke luar negeri, apalagi Amerika Serikat, dengan Beasiswa penuh, tapi saya lebih bahagia karena bisa bikin bangga kedua orang tua dan keluarga.

Selama di US tepatnya, State Kansas, saya hidup dengan Host Family, Keluarga angkat, yaaah, lagi-lagi saya hidup jauh dari keluarga, tidak asrama, tidak kos, tapi numpang. Alhamdulillah dapat keluarga yang sangat luar bisa, Thanks Mr. Wayne Wilmer for my ten days stay, bunches of thanks to Moussa Elbayoumy Family, Maggie, and Nora, (I miss u all guys), yang telah menampung dan menjadi keluarga saya selama 11 bulan di US.

Balik dari USA tahun 2005, saya melanjutkan pendidikan di pesantren, again balik ke asrama. Tahun 2006, keterima di IPB, lagi-lagi harus tinggal di Asrama, namun karena tidak betah, saya kabur dari IPB, balik ke Padang, les dan kos. Yaaa..mulai saat itu, status domisili saya berganti menjadi anak kost-an. Hingga sekarang, saya sudah menjadi anak kost-an lebih kurang 4 tahun, hidup di asrama 6 tahun, tinggal sama keluarga angkat 1 tahun, dan 12 tahun bersama orang tua. 

Sebagian dari hidup saya telah berada di luar keluarga besar. Hingga sekarang saya hanya ketemu orang tua ketika masa libur datang, kadang 6 sekali, kadang setahun sekali. Pastinya sangat kangen dengan kehidupan di rumah, bersama keluarga, dengan kehangatan kasih sayang orang tua. Namun saya masih beruntung, Alhamdulillah, masih memiliki keluarga yang utuh dan selalu ada buat saya.

Akan tetapi, yang saya kangenin bukan kembali ke rumah orang tua dan tinggal bersama mereka. Tapi membawa orang tua saya tinggal bersama saya, di rumah yang saya bangun dengan usaha saya sendiri. Aaahh..sungguh indah kalau itu terjadi, don't u think fellas??, orang tua saya pasti akan sangat bahagia. Yaaa..mungkin akan menjadi salah satu perkara yang paling membahagiakan dalam hidup saya. 
Semoga Allah swt berkenan mengabulkan..Amin
Mimpi terbesar saya adalah bre Haji bersama Ayah, Mama, Kakak, dan Adik.
Semoga Allah memberikan jalan yang diridhoi...Amiin...

No comments:

Post a Comment