Sunday, October 30, 2011

Ngelayap ke Singapore

Ini kali kedua saya ke Singapore, setelah urusan kuliah setahun yang lewat. Walaupun ga terlalu tertarik dengan negara kecil ini, tapi tetep senenglah kalau yang namanya urusan traveling, apalagi dapet gratis. Ga ada doa penolak rezeki kan?
Cuma jalan kali ini berbeda dengan tahun lalu, tahun lalu judulnya penelitian, pengamatan, observasi atau apalah, kalau sekarang, backpacker-an atau lebih tepatnya"ngegembel. Dan pastinya ini jauh lebih menarik.
Saya sering backpacker-an dengan beberapa teman kampus ke berbagai tempat di Indonesia, walaupun ga jauh-jauh amat, karena memang disesuain dulu dengan kantong mahasiswa pengangguran kayak kita. Tapi baru kali ini saya backpacker-an ke luar negeri, walaupun cuma Singapore yang easy to go banget, tapi cukup lah buat pemula.
Singapore negara relatif kecil hanya 710.2 km2 . Infrastruktur umum seperti SMRT dan Bus juga sangat bagus. Sangat mudah untuk berkeliling negara ini, cukup dengan naik sarana transportasi umum yang ada. Jangan takut nyasar di Singapore, karena di mana-mana map of singapore sangat mudah ditemukan, jadi tinggal baca map atau datang ke singapore visitor centre. 
Kalau mau traveling, biaya pasti jadi pertimbangan pertama. Apalagi buat backpacker,  walaupun terkadang sanggup bayar mahal, cuma traveling dengan cara yang seirit-iritnya memberikan sensasi tersendiri.
Supaya dapat backpacker-an ke Singapore dengan biaya murah, dari pengalaman saya, ada beberapa tips.

Pertama tentu cari tiket murah. Rata-rata, Maskapai ke Singapore adalah Low Cost, kecuali dengan maskapai kelas atas seperti Singapore Air. Tiger Air, Air Asia, Lion Air, biasanya sering ngasih promo untuk rute Singanpore-Jakarta. Kalau beruntung bisa dapat kurang dari 700 ribu untuk tiket pp. Jarak booking tiket dengan waktu penerbangan juga sering kali berpengaruh, makin cepat memesan tiket, makin murah tiketnya.

Kedua, pilih-pilih penginapan, mudah sekali untuk cari penginapan di Singapore. Untuk harga miring tentu nginapnya di hostel, bukan hotel. Klik www.hostel.com, www.hostelworld.com. atau www.hostelbookers.com di sana lengkap informasi dari berbagai macam hostel, lengkap dengan review orang-orang yang pernah ke sana. Silahkan bandingkan harga dan klasifikasi yang anda butuhkan. Be aware juga, banyak beberapa hostel suka ngasih harga promo, biasanya sampai stengah harga normal. Sangat lumayan untuk menekan pengeluaran.

Ketiga, rencanakan destinasi. Ini sangat penting menekan biaya transportasi baik bus maupun SMRT. Jangan sampai bolak-balik karena salah turun, karena perjalan terdekat bisa kena charge $1.20 dengan SMRT. Salah satu kenalan saya juga menganjurkan untuk naik bus, biayanya lebih murah $ 0.75. Tapi sedikit lebih rumit, harus dipastikan anda tidak salah naik bus. Baca map route busnya dengan hati-hati. Kawasan-kawasan yang touristy di Singapore relatif berdekatan, jadi kalau cukup kuat, cobalah untuk jalan kaki.

Keempat, pilih-pilih makanan dan minuman. Asian food court di bawah Lucky Plaza biasanya menjadi tempat makanan favorit para tourist dari Indonesia. Selain mudah dijangkau, tempat yang strategis, juga menyediakan makanan khas Indonesia, bahkan Nasi Padang. Namun buat backpacker yang mau irit maksimal mungkin harganya sedikit kemahalan. $ 5.00 to higher. Harga nasi dan ayam paling murah di sana $ 3.50 cukup masuk akal. Kalau mau lebih hemat, coba ke Tekka Mart di Little India, di sana bisa makan nasi dengan harga $ 1.00, cuma harus pinter-pinter milih. Urusan minuman juga perlu diakalin, satu botol mineral di Singapore $ 1.50, dua kali lebih mahal dari harga soda. Jangan lupa buat bawa tabung minum sendiri dari Indonesia, di Changi Airport bisa di isi ulang. Di kota, masuk saja ke Mesjid, di sana tabung air kita bisa diisi ulang. Lumayan gratisan.

Sekian dulu.

Happy Holiday!!

No comments:

Post a Comment